Hello Again My Blog


Tak ada angin tak ada hujan (eh ada deng, sekarang sedang musim hujan), tetiba dapat DM dari seseteteh anggota Mamah Gajah Ngeblog dan diajak gabung, diri ini merenung sejenak. Sudah lama gak nulis di blog karena nulis-nulis (yg gak seberapa) panjang sudah beralih ke IG, khawatir gak bisa memenuhi ekspektasi sebagai anggota komunitas. Eh tapi ternyata tetehnya sedang nyari anggota. Yowes bismillah, semoga dengan gabung jadi lebih istiqomah menulis. Toh memang sebetulnya lebih enak, lebih bebas, dan lebih rapih nulis di blog sih. Cuma karena merasa kurang interaksi dengan pembaca jadinya pindah ke IG. 

Pertama kali gabung dengan komunitas ngeblog rasanya amaze. Di sana dikasih list tema tantangan menulis tiap bulan dan semua membernya wajib saling blogwalking dan komentar. Setidaknya blognya terjamin bakalan lebih rame pengunjung. Dan saya sebagai pembaca juga ga bingung lagi harus ke mana untuk membaca tulisan-tulisan menarik. Ya memang kadang ingin lebih aktif baca-baca tulisan seseorang di blogspot atau wordpress tapi gak tahu harus ke blog siapa haha. Dan postingan ini juga dibuat salah satunya untuk memenuhi Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini.


Akhirnya sapu-sapu dulu blog yg sudah lama gak ditengok. Bacain satu persatu postingan blog terdahulu hmmm. Blog ini isinya perjalanan pikiran saya sejak masa sekolah yg isinya hampir semuanya seputar mencari Tuhan, mencari jati diri, psikologi, dan pengembangan diri. Seneng banget bacainnya karena blog ini jadi penyimpanan yg lebih kuat dibanding ingatan saya. Kalau kata teteh-teteh Grup Mamah Gajah Ngeblog mah, blog ituh sebagai kapsul waktu, hihi. Saya jadi tahu sudah seberapa jauh saya berkembang hingga saat ini. Banyak beberapa tulisan harapan yg sekarang menjadi kenyataan. Banyak juga ternyata tulisan-tulisan yg masih menggantung alias banyak hutang menulis. Rasanya ingin menyelesaikan hutang menulis ini, barangkali ada yg penasaran dengan lanjutan tulisan terdahulu, sebagai dokumentasi saya di masa depan yg barangkali akan membaca lagi tulisan saya sekarang. Tapi yg paling menyenangkan itu adalah saat menemukan tulisan lama berisi kegalauan pikiran saya saat itu dan diri saya yg saat ini membacanya sudah menemukan solusinya, rasanya ingin sekali membuat surat kepada diri saya di masa lalu itu.

Dari postingan-postingan terdahulu itu saya juga jadi tahu betapa rajinnyaa saya dulu research sana sini supaya bisa membuat satu tulisan yg berisi fakta dan data, tidak hanya opini. Bahkan saya sering merangkum, mengutip, mereview buku, film, dan drama series. Ya meskipun sampai sekarang masih suka siih. Cuma sudah jarang untuk menulis sepanjang dan selengkap dulu ya, mungkin juga karena platform menulisnya sudah gak di blog lagi. Dan ternyata anggota Mamah Gajah Ngeblog lainnya juga merasakan hal yang sama ya. Mulai dari nulis di blog jaman masih putih abu-abu, lalu beralih ke Tumblr waktu hits pada jamannya, lalu akhirnya ke Facebook atau Instagram kayak saya haha.

Sejak belum mengenal Writing for Healing saya sudah sering sekali menuangkan segala pemikiran menjadi tulisan. Di mana saja saya tulis. Sahabat saya yg pertama kali menyarankan untuk menulis supaya masalah yg rasanya sangat kusut di kepala bisa terurai. Tak terasa hingga saat ini masih sangat senang menulis dan menjadi rutinitas untuk proses healing. Saat ini bahkan memori masa lalu itu datang berbondong-bondong bagai air bah akibat maraton baca postingan lama di blog ini. Rasanya ingin banyak berkata, "aku mengerti mengapa diriku yg dulu merasa seperti itu dan sekarang aku sudah punya jawabannya". Mungkin selain list tantangan bulanan dari Komunitas Mamah Gajah Ngeblog, membuat kelanjutan dari tulisan lama perlu masuk ke dalam to do list.

Akhir kata, saya mengucapkan bismillah untuk kembali menuangkan tulisan di blog ini supaya bisa lebih istiqomah menulis, lebih paripurna proses healingnya, dan lebih terlatih sebelum nanti pada akhirnya bisa menerbitkan buku antologi dan solo sendiri. Aamiin ya Robbal 'alamiin.

Komentar

  1. Baca tulisan lama di blog jd berasa menemukan time kapsul ga sih jadinya teh? 😆 Seneng jg udah ada komunitas MGN ini yaa. Walaupun aku blm tentu bs ikut semua challenge nya krna terbentur tema, tp seneng ketemu mamah2 gajah yg punya hobi sama 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bangeeet teeh blog aku baru sebatas time capsule buatku sendiri hehehe. Iya ih teh seneng banget ada komunitas ini, bikin makin semangat nulis lagii dan pastinya banyak belajar dr tulisan member lain 😊

      Hapus
  2. Aamiin Allahuma Aamiin. Semangat, Teh, menghidupkan kembali blognya. Pengalamannya sama euy .. ingin blogwalking tapi nggak tau ke blog siapa, temen2 ngeblog zaman baheula udah pada ngilang juga, hihi. Makanya bersyukur banget ada Mamah Gajah Ngeblog sekarang .. Alhamdulillaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teeh alhamdulillah banget ya sekarang jd ga kehabisan stok bacaan blog org yaa 😁

      Hapus
  3. Hai, salam kenal teh. Next time saya mesti lebih luangin waktu nih kayaknya buat menjelajah isi blog teteh dan baca semua tulisannya. Sekarang fokus blogwalking dulu ke blog anggota MGN 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenak juga teh Meitaa. Wah aku merasa tersanjung ada yg mau baca2 tulisan aku hehehe. Tth minat di bidang apanya kah?

      Hapus
  4. Halo teh salam kenal. Iya terasa ada yg terobati ya tiap beres nulis. I feel you tehh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Teh Vidyaa. Nuhun teteeeh *peluk online

      Hapus
  5. Saya jugaaa, banyak hutang tulisan di draft ternyata setelah blognya ditinggal mati suri, hihi. Suka banget teh, writing for healing, memang menulis itu buat diri sendiri dulu yah. Salam kenal, teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga teh Gesti. Iyaa tehh, sy jg nulis krn emg seneng aja hehe. Tth yg mana blognya? Kok kosong? Hehe

      Hapus
  6. Masya Allah, hehe. Alkisah seorang teteh mencari member 🤭 benar banget, writing for healing ya teh. Diriku malah rindu nulis buat menuangkan pikiran yang kusut

    BalasHapus
  7. Salam kenal teh, dari sesama mamah gajah.

    Wah jadi penasaran sama writing for healing, ijin ngubek2 blognya yaaa ��

    BalasHapus
  8. Salam kenal teh, dari sesama mamah gajah.

    Wah jadi penasaran sama writing for healing, ijin ngubek2 blognya yaaa ��

    BalasHapus
  9. Hallo teh Nanda, salam kenal saya Yuli SI08. Rasanya kita pernah interaksi dalam jual beli. Soalnya saya simpen nomor teteh di contact saya wkwkwk. Semangat tehh, semoga dengan gabung komunitas mamah gajah ngeblog jadi semakin istiqamah yaa aamiin :)

    BalasHapus
  10. Salam kenal teh, saya Rini FA05. Hihi sama teh... Sempet beralih ke IG, karena ga butuh tulisan yang panjang2. Karena seringnya bahkan untuk buka gadget aja ga sempat... Semoga kita jadi lebih konsisten untuk ngisi blog ya teh..��

    BalasHapus
  11. Wah saya jadi penasaran soal Writing for Healingnya, Teh, semoga bisa dishare di blog juga ya Teh pengalaman dan perjalanan healingnya. Semangat Teteh dan salam kenal!

    BalasHapus
  12. Halo, teh Nanda, salam kenal. Saya Wulan GD04. Waw hebat, blognya terarah dan jd ajang belajar serta tumbuh dewasa, keren! perlu banyak belajar nih untuk bisa nulis lebih serius,hehe..ttp semangat ya teh, semoga istiqomah, aamiin

    BalasHapus
  13. Aamiin... Writing for healing, yes! Ayuk saling menyemangati! Salam kenal yaaa... 🤗

    BalasHapus
  14. Hi Teh salam kenal, saya Restu TI04. Karena tulisan teteh jadi ingat lagi kalau menulis bisa jadi salah satu metode healing apalagi buat orang yang nggak bisa/mau cerita secara lisan ya...semoga kita bisa konsisten ikut tantangan mamahgajah ini ya teh. Semangat!

    BalasHapus
  15. Salam kenal, Teh. Semangat menghidupkan blognya lagii .. semoga kita konsisten yaa, hihi

    BalasHapus
  16. Halo teh salam kenal. Saya baru tau Writing for healing, saya coba cari tau lebih lanjut deh, penasaran.
    Mudah2an bisa segera tercapai buat buku antologi dan solo nya.

    BalasHapus
  17. Teteh, semangat ya. Saya juga sama merasa ngeblog teh seperti kapsul waktu ya. Kadang jadi berkaca sama diri kita yg dulu. Yuk ah bismillah

    BalasHapus
  18. Aamiin allahumma aamiin. Semoga tercapai cita-cita karya dan kebermanfaatannya ya mba. Salam kenal, Ranti dari Pengajaran Fisika 2014 :)

    BalasHapus
  19. Teeeh.. Ketemu lagi di sini hihihi. Setuju bgt kayanya banyak yg beralih dr blog ke medsos itu karena medsos lebih interaktif yaaa.

    BalasHapus
  20. wah ada temennya nih yang kalau baca blog sendiri serasa membuka kapsul waktu. saya kembali menulis juga karena merasa senang ketika membaca tulisan lama sebagai kapsul waktu, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ya teeh. Skrg nulis, nanti bbrp tahun lg pasti rasanya nostalgia gt ya baca tulisan hari ini 😊

      Hapus
  21. toss teh..alhamdulillah dengan ikut MGN jadi banyak blog yang bisa dikunjungi. Blogwalking jadi nambah insight ya, tapi memang harus menyiapkan waktu. Kapan2 cerita lagi tentang writting for healing nya ya Teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, next PR tulisan nih. Insya Allahh dibuat tulisannya. Nuhun teteeh sudah berkunjung 😊

      Hapus
  22. Seru ya teh baca tulisan jaman dahulu kala. Bener kata teteh tulisan malah menyimpan kenangan lebih baik daripada ingatan. Pas baca tulisan dulu baru inget oh pernah begini yaaa.. 😊
    Btw salam kenal ya teh, sy Echa pL06

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget teeeeh. Salam kenal juga Teh Echa 🥰

      Hapus
  23. Salam kenal teh :)
    Selamat kembali ngeblog lagi...
    Keren, udah ngeblog dari zaman sma, saya baru ngeblog setelah lulus kuliah, hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Teeh. Mungkin kita beda jaman kah teh? Hehe. Saya waktu SMP sudah kenal internet jd waktu SMA juga sudah kenal blog. Hehehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Handwriting Analysis (Analisis Tulisan Tangan/Grafologi) Bagian 2

Handwriting Analysis (Analisis Tulisan Tangan/Grafologi) Bagian 1

Senna's VBAC Story