Pengenalan Diri Menurut Johari Window

 



Kata Pak Dandi, pengenalan diri menurut Johari Window ada 4 area yaitu,
  1. Open Area, saya dan orang lain tahu tentang diri saya.
  2. Hidden Area, saya tahu tapi orang lain tidak tahu.
  3. Blind Area, orang lain tahu tapi saya tidak tahu.
  4. Unknown Area, saya tidak tahu, orang lain juga tidak tahu.
Prinsipnya adalah open area harus diperbesar, hidden, blind, dan unknown area harus diperkecil. Untuk memperkecil hidden area, kita harus memberitahukan diri kita pada orang lain, istilahnya menjadi pribadi yang asertif, yang mau mengungkapkan pada orang lain maunya kita apa. Nah, kalau untuk memperkecil blind area caranya banyak-banyak ambil feedback dari orang lain yang mengenal kita, berarti harus berani terima kritikan dari orang lain. Terakhir, untuk memperkecil unknown area, caranya adalah dengan pergunakan tools seperti psikotes dan TM.

Nah, dalam usaha memperbesar open area, saya mau sharing hasil TM yaa hihihi 😄

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Handwriting Analysis (Analisis Tulisan Tangan/Grafologi) Bagian 2

Handwriting Analysis (Analisis Tulisan Tangan/Grafologi) Bagian 1

Teh Diah Mahmudah: Penulis Buku Anger Management yang Inspiratif