Jumat, 07 Juni 2013

Aku Ingin Sukses!

Seringkali kita mendengar nama-nama orang sukses seperti Chairul Tanjung yang sekarang memiliki bisnis yang sukses padahal dulu beliau hanya seorang anak yang lahir di keluarga yang serba kekurangan. Di sisi lain, kita jarang mendengar seorang yang serba berkecukupan, terutama secara finansial, menjadi orang yang sukses, kecuali yang diwariskan pekerjaan dari orang tuanya. Hal tersebut menimbulkan rasa heran tersendiri di kalangan masyarakat terutama diri penulis sendiri. Setelah ditelaah lebih lanjut, ternyata penyebab banyak munculnya orang-orang sukses dari golongan masyarakat kurang mampu dan sedikit lahirnya orang-orang sukses dari golongan masyarakat mampu adalah karena faktor mental.

Orang-orang yang mengecap kehidupan yang sulit kemungkinan besar secara psikologis akan memiliki motivasi untuk mengusahakan masa depan yang lebih baik secara finansial maupun mental. Hal tersebut menjadikan mereka bekerja dan belajar dengan giat demi memenuhi impian mereka. Sementara itu, orang-orang yang lahir di keluarga yang berkecukupan kemungkinan besar secara psikologis tidak akan memiliki motivasi sekuat motivasi yang dimiliki oleh orang-orang golongan pertama tadi. Tanpa motivasi yang kuat ditambah dengan lingkungan sekitar yang tidak mengondisikan untuk hidup disiplin dan mandiri, orang-orang golongan kedua ini akan menjadi manusia yang pasif dan hanya mengikuti arus kehidupan, tanpa mengejar hasrat.

Untuk menghindari masa depan yang didapatkan orang-orang golongan kedua ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Pertama, kondisikan lingkungan rumah menjadi kondusif dengan menanamkan perilaku disiplin, mandiri, bertanggung jawab, berintegritas, dan jujur. Kedua, perbanyak bergaul dengan orang-orang yang berperilaku baik dan dapat meningkatkan semangat kita sehingga kita akan terpengaruh dengan kebiasaan mereka. Itulah dua cara yang dapat kita lakukan untuk mengusahakan masa depan yang sukses. 

Semangat! Untuk masa depan yang lebih baik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar