Selasa, 02 Oktober 2012

31 Cara Melatih Otak Agar Pintar

Ketika sedang mencari-cari informasi mengenai multitasking, saya tidak sengaja menemukan artikel bagus ini yang diambil dari barunews.com!


Tips Cerdas 31 Cara latihan otak supaya pintar
Kita bisa melatih otak untuk meningkatkan memori atau melakukan meditasi untuk mengasah hubungan antara logika dan emosi. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melatih otak agar makin pintar. Berikut caranya

1. Bermain kata. Cobalah ajak teman bermain kata, karena sebuah penelitian menemukan bahwa dengan bermain teka-teki kata bisa menurunkan kemungkinan terkena Alzheimer dan demensia. Bermain scrabble atau video game sejenis itu juga bisa melatih otak.

2. Makan kunyit. Kunyit merupakan jenis bumbu yang biasa ditemukan pada masakan tradisional India dan Thailand. Kunyit mempunyai kandungan kurkumin yang juga bisa menurunkan risiko terkena demensia.

3. Ikut Tae Kwon Do. Selain olahraga bela diri ini, Anda bisa coba untuk mengikuti kelas tari atau bermain squash. Yang penting cari aktivitas yang bisa meningkatkan denyut jantung dan memerlukan banyak koordinasi. Jenis olahraga seperti tak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga otak.

4. Tonton Al Jazeera. Jangan menutup diri Anda dari ide-ide baru. Sebuah penelitian di 2009 menunjukkan bahwa penonton Al Jazeera English memiliki pemikiran yang lebih terbuka dibandingkan dengan mereka yang hanya menonton CNN International atau BBC World.

5. Buang ponsel pintar. Secara konstan mengecek apakah ada email masuk di ponsel dapat membuat Anda tidak fokus dalam mengerjakan tugas. Sesekali biarkan ponsel Anda dalam keadaan offline atau blokir akses internet Anda.

6. Tidur yang banyak. Curi waktu untuk tidur siang sesaat lalu biasakan tidur malam lebih cepat. Sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa otak terus memproses memori bahkan saat tidur, nantinya Anda bisa mengingatnya lebih baik saat bangun.

7. Unduh aplikasi TED. Orang-orang dengan pemikiran terbaik berkumpul secara rutin di dalam konferensi TED (Technology, Entertainment, Design) untuk membahas isu-isu penting terkini. Anda bisa mengikutinya dengan mengunduh aplikasi TED untuk iOS dan Android.

8. Datangi festival literatur. Banyak negara-negara yang menggelar festival literatur secara rutin. Anda bisa mencari informasi tentang festival tersebut secara online, lalu pesan tiket untuk berjalan-jalan ke negara tersebut saat festival berlangsung. Dengan begitu Anda bisa belajar banyak dari para penulis yang hadir di festival itu. Jika tak ingin jauh-jauh, coba cek komunitas literatur di kota Anda. Di Jakarta, misalnya, ada komunitas Utan Kayu yang juga biasa menggelar festival dan diskusi literatur.

9. Buat sebuah istana memori. Salah satu trik untuk mengingat cepat adalah dengan mengasosiasikan apa yang ingin Anda ingat dengan sebuah gambar jelas. Anda mungkin tak punya kesabaran untuk membangun sebuah ‘istana memori’ tapi setidaknya dapat gambaran tentang teknik tersebut dengan membaca buku Moonwalking with Einstein: The Art and Science of Remembering Everything karya Joshua Foer.

10. Belajar bahasa. Belajar bahasa baru memberikan semacam olahraga kepada prefontal cortex, yaitu bagian otak yang mempengaruhi pengambilan keputusan dan emosi.

11. Makan cokelat hitam. Dark chocolate atau cokelat hitam mungkin tidak langsung mendorong peningkatan IQ Anda dalam semalam, tapi cokelat ini mengandung flavonoid yang dapat mempertajam memori.

12. Belajar merajut. Jangan menganggap kegiatan ini hanya untuk orang lansia. Anda bisa mencoba merajut atau menjahit karena dengan mengasah kemampuan motorik, sekaligus bisa meningkatkan kemampuan kognitif.

13. Hapus senyum sesaat. Sejumlah eksperimen menunjukkan bahwa tindakan sederhana seperti mengerutkan dahi atau cemberut bisa meningkatkan kemampuan analitik dan membuat Anda lebih waspada.

14. Main video game. Bermain video game, terutama yang bertema kekerasan, bisa melatih otak Anda. Sejumlah penelitian menemukan bahwa video game jenis ini bisa mempercepat reaksi, meningkatkan kemampuan multitasking, dan mengurangi rasa kesal akibat stres di pekerjaan.

15. Ikuti mereka di Twitter. Ini adalah beberapa orang yang bisa Anda ikuti di media sosial Twitter
Nouriel Roubini (@Nouriel): ekonom jenius yang sering membagi info tentang ekonomi manajemen.
Jad Abumrad (@JadAbumrad): siaran radionya yang berjudul “Radiolab” merupakan panduan paling cerdas untuk lebih mengerti tentang sains dan filosofi.
Colson Whitehead (@colsonwhitehead): novelis yang sering menulis kalimat penuh makna dan bahkan lucu melalui Twitter.

16. Makan yogurt. Probiotik baik untuk perut Anda, tapi sejumlah penelitian juga mengatakan bahwa yogurt sama baiknya untuk otak. Dalam penelitian yang melibatkan tikus, setelah mengonsumsi yogurt, binatang tersebut dapat mengatasi rasa cemas lebih baik dan terlihat peningkatan di otak terutama bagian memori dan emosi.

17. SuperMemo. Menjadi pelupa, pastinya tidak menyenangkan. Coba gunakan program SuperMemo di komputer yang dapat membantu Anda menyusun katalog tentang data-data baru yang Anda butuhkan.

18. Nonton drama Shakespeare. Membaca kisah drama Shakespeare dapat membuat otak semakin aktif, begitu pula jika Anda berkesempatan untuk menonton teater dari kisah tersebut.

19. Kenali cara berpikir. Otak memiliki dua cara berpikir menurut Daniel Kahneman penulis buku Thinking, Fast and Slow. Sistem pertama adalah berpikir cepat dan otomatis, lalu sistem kedua adalah berpikir lebih pelan dan butuh banyak usaha. Dengan memahami kedua cara berpikir tersebut, Anda bisa mendeteksi rasa malas dan menentukan pilihan yang lebih baik.

20. Hidrasi. Mungkin Anda sudah mendengar aturan agar minum air banyak tiap harinya. Tapi ini memang benar, karena dehidrasi bisa menyebabkan otak bekerja lebih keras dan bisa menumpulkan kemampuan perencanaan.

21. Cek iTunes U. Walaupun Anda bukan mahasiswa dari universitas Ivy League, seperti Princeton atau Harvard, bukan berarti Anda tidak bisa tahu pelajaran mereka. Biasanya sekolah-sekolah top tersebut meletakkan bahan perkuliahan mereka secara online di iTunes U.

22. Kunjungi museum. Kunjungi museum yang menampilkan lukisan dan karya seni lainnya. Melihat karya seni telah terbukti menurunkan kadar stres sekaligus membuat Anda fokus pada hal-hal yang lebih penting.

23. Mainkan alat musik. Jika Anda tidak bisa memainkan alat musik, cobalah untuk belajar satu alat musik tertentu. Dengan memainkan atau belajar alat musik mampu meningkatkan IQ serta membuat otak bekerja terutama di bagian yang mengatur ingatan dan koordinasi.

24. Menulis dengan tangan. Terlalu sering mengetik di komputer? Cobalah lebih sering menulis dengan tangan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menulis dengan tangan lebih memungkinkan otak kita lebih bekerja dibandingkan dengan mengetik. Akui saja, Anda akan lebih mengingat apa yang Anda tulis jika dilakukan dengan tangan.

25. Teknik Pomodoro. Ini merupakan metode manajemen waktu yang sama sekali tidak berhubungan dengan pasta. Tapi metode ini adalah melakukan pembangian waktu bekerja dengan melakukan istirahat sejenak tiap 25 menit bekerja. Dengan melakukan istirahat sekitar lima menit dalam pekerjaan dapat meningkatkan ketangkasan mental Anda.

26. Biarkan pikiran berkelana. Saat tidak sibuk, biarkan pikiran Anda berkelana keluar dari masalah-masalah yang membuat stres. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan membiarkan pikiran tersebut keluyuran entah kemana, bahkan jika tidak Anda sadari, dapat membantu otak untuk berpikir jernih.

27. Minum kopi. Wanita yang meminum empat gelas kopi sehari terbukti memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami depresi dibandingkan dengan mereka yang hanya minum satu gelas seminggu.

28. Menunda kepuasan. Ada sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang mampu menahan keinginan makanan marshmallow di depannya, beberapa tahun kemudian, ternyata memiliki nilai tinggi dibandingkan dengan anak yang tak bisa menahan diri. Karena dengan menunda kepuasan, Anda bisa memfokuskan perhatian ke hal-hal lain, misalnya menyanyikan lagu.

29. Menjadi ahli. Kuasai satu tugas tertentu yang Anda minati dan otak akan bekerja lebih efisien. Keahlian bukan bakat bawaan, tapi harus diasah terus-menerus agar makin sempurna.

30. Tulis ulasan secara online. Siapa saja bisa menjadi kritikus di dalam dunia maya dan Anda juga bisa mencobanya. Ketika Anda suka atau benci akan sesuatu, coba saja buat ulasan tentang hal tersebut, entah di Amazon atau situs lainnya. Dengan menulis opini pribadi akan membantu Anda untuk lebih memahami cara berpikir diri sendiri.

31. Pergi ke luar kota. Hidup di dalam kota besar bisa menimbulkan banyak gangguan. Berada di dalam kerumunan atau tempat yang ramai bisa mengganggu kontrol diri dan memori, karena otak berusaha mencerna semua gerakan. Jadi tak ada salahnya merencanakan akhir pekan di mana Anda bisa menikmati suasana dan pemandangan alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar