Kamis, 04 November 2010

Penyebab Kegagalan


Ada sebuah penyebab kegagalan utama. Sehebat apa pun Anda, Anda bisa gagal. Meski Anda sudah memiliki gelar master atau doktor. Meski Anda sudah berpengalaman puluhan tahun. Anda akan tetap gagal jika penyebab gagal ini ada pada diri Anda.
Ya betul. Penyebab kegagalan ini bisa terjadi pada siapa pun, terlepas siapa pun orangnya. Penyebab kegagalan ini sangat kuat, hanya Allah yang bisa mengubahnya. Jangan sampai dech… penyebab kegagalan ini ada pada diri Anda. Saya akan berikan cara mengatasinya.

Penyebab kegagalan itu adalah: berhenti di tengah jalan

Saya yakin, Anda pun sudah tahu tentang hal ini. Kebanyakan orang sudah tahu bahwa berhenti di tengah jalan akan menjadikan kita gagal. Bagaimana pun pintar dan cerdasnya diri kita, jika berhenti… pasti gagal.

Pertanyaanya adalah: bagaimana supaya kita tidak berhenti.

Untuk mengobatinya, kita harus mendiagnosa dulu. Apa yang membuat orang berhenti untuk berusaha?
  1. Kurangnya motivasi. Motivasi seperti bensin pada mobil, penghasil energi, dan penyebab bergerak. Sehebat apa pun mobil Anda, tanpa energi tidak akan pernah bergerak. Jika energi tidak cukup, maka mobil Anda akan berhenti di tengah jalan. Jika bensin habis, apa yang Anda lakukan? Isi lagi. Jika motivasi habis, maka bangkitkan motivasi kembali.
  2. Tidak tahu apa yang harus dilakukan. Selain kurangnya motivasi, penyebab orang berhenti adalah karena dia tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan karena mereka kehabisan ide. Mau apa lagi? Oleh karena itu, cara mengatasinya ialah harus memiliki keterampilan kreativitas yang tinggi. Jika Anda memiliki kemampuan untuk menghasilkan ide, maka Anda akan tidak akan pernah berhenti untuk mencapai tujuan Anda.
  3. Rendah diri. Bisa saja, Anda sudah memiliki motivasi yang kuat. Tahu apa yang harus Anda lakukan, tetapi Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda. Anda akan mengatakan “Saya tidak bisa.” Maka Anda akan berhenti. Disinilah pentingnya kepercayaan diri.
Sumber: http://www.motivasi-islami.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar